Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangkaraya " Quick Response SAR "


TIM SAR GABUNGAN BERHASIL MENEMUKAN SEMUA KORBAN PERAHU TERBALIK DI SUNGAI BARITO


Muara Teweh – Tim SAR gabungan Berhasil Menemukan Semua Korban Perahu Terbalik di Sungai Barito Kec. Teweh Selatan.

Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Palangka Raya menerima info dari Bapak Rizali Anggota BPBD Kab. Barito Utara bahwa telah terjadi musibah perahu terbalik di Sungai Barito Desa Buntok Baru Kec. Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Berdasarkan data yang telah dihimpun perahu yang membawa empat orang tenggelam saat mengangkut air bersih dari mata air yang berada di antara desa Buntok baru dan Butong, pada Rabu, 24 agustus 2022, sekitar pukul 18.00 WIB. Korban berjumlah 4 (empat) orang, 1 (satu) orang berhasil selamat dan 3 (tiga) orang masih dalam pencarian. Korban selamat an. Ikhsan Maulana Lestaluhu (22) berhasil selamat setelah berusaha berenang ke tepi sungai dan diselamatkan oleh warga. 

Korban yang masih dalam pencarian diketahui bernama fransisco redi (28), Mohammad Ilham Wiradhika (23) dan Irwan Suseno (35) motoris kelotok. 

Muhamad Hariyadi selaku kepala kantor pencarian dan pertolongan (BASARNAS) Palangka Raya memberangkatkan satu  Search and Rescue Unit (SRU) untuk pelaksanaan Operasi SAR, dengan menggunakan sarana Rescue Car, Rubber Boat, Aqua Eyes dan peralatan pendukung dalam pencarian.

Pada Hari kedua pencarian (26/08) pukul 09:15 WIB Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban. Irwan Suseno (35) sekitar 1 km dari LKK dalam kondisi MD tidak lama berselang Pukul 09:45 WIB Tim SAR gabungan kembali menemukan korban. Muhammad Ilham (23) sekitar 1,5 km dari LKK dalam kondisi MD.

Pukul 11:45 WIB Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban terakhir. Fransisco (28) sekitar 2 km dari LKK dalam kondisi MD dan Semua korban langsung dievakuasi ke RSUD Muara Teweh

Dengan ditemukannya semua korban, Operasi SAR dinyatakan selesai. 

Unsur SAR yang terlibat dalam pencarian yaitu Tim Rescue Basarnas Palangka Raya, Polres Barito Utara, Polsek Teweh Selatan, BPBD Muara Teweh, dan masyarakat setempat.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : palangkaraya
26 August 17:05 WIB