Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangkaraya " Quick Response SAR "


BASARNAS PALANGKA RAYA GELAR RAKOR SAR DAERAH DI SAMPIT, KALIMANTAN TENGAH


Sampit - Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangka Raya Pagi  Senin (31/10) Menggelar Rapat Koordinasi SAR yang di laksanakan di Hotel Aquarius Sampit, Kalimantan Tengah dengan Tema Melalui Rapat Koordinasi SAR dan Kontijensi kita Tingkatkan Sinergi dan Kesiapsiagaan dalam pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan guna Mewujudkan Quick Response Search And Rescue di Wilayah Perairan Kalimantan Tengah.

Rakor SAR dibuka oleh Bupati Kotawaringin Timur Melalui asisten I Bidang administrasi perekonomian dan pembangunan, Sekretariat daerah Kotim Diana Setiawan dalam sambutannya mengatakan Rapat Koordinasi ini merupakan bentuk perhatian yang baik yang dilakukan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangka Raya untuk mewujudkan Koordinasi dan Kerjasama/Sinergi antar Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangka Raya dan Lembaga/Instansi Berpotensi SAR yang berada di Kotawaringin Timur, Mewujudkan personil SAR yang Profesional dalam penyelenggaraan Operasi SAR, serta mewujudkan kemampuan Operasional Tim SAR, Sarana dan Prasarana dalam Penyelenggaraan Operasi SAR, tangkasnya.

Dalam Rapat Koordinasi SAR Daerah Tahun 2022 ini pula dihadiri beberapa Narasumber diantaranya Koordinator Subtansi Dukungan Operasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Ditpolair Polda Kalteng, BPBD Kotawaringin Timur, dan BMKG Kotawaringin Timur. 

Sementara itu Koordinator Subtansi Dukungan Operasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan , Budi Prayitno, S.T.,M.A. mengatakan "Keterlibatan dan peran serta Intansi/Organisasi Potensi SAR sangat penting dalam rangka menghadapi terjadinya kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia, sehingga perlu adanya sinergitas yang baik antara BASARNAS dan seluruh Instansi/Organisasi Potensi SAR.
Sehubungan dengan hal tersebut maka dipandang penting untuk melaksanakan rapat koordinasi SAR daerah di wilayah kota sampit khususnya dan Provinsi Kalimantan Tengah.
Saya berharap kegiatan rapat koordinasi SAR ini bukan hanya merupakan acara seremonial belaka, namun yang lebih penting kepada seluruh peserta yang terlibat untuk benar benar menggunakan kesempatan ini dengan sebaik baiknya, agar kita semua dapat memformulasikan dan merumuskan peran dari masing masing Instansi/Organisasi yang dituangkan dalam rencana Kontingensi untuk mewujudkan Quick Response Search And Rescue di perairan wilayah Kalimantan Tengah." Ucapnya.

Adapun peserta rakor sebanyak 50 orang yang  berasal dari TNI, Polri, Instansi Pemerintah, dan Organisasi Potensi SAR.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : palangkaraya
1 November 0:10 WIB